Kamis, 01 Agustus 2013

Apa Arti I'tikaf?

Pada postingan tentang lailatul qadar kemarin, aku banyak menulis tentang i'tikaf? Namun apa sih sebenarnya i'tikaf itu? Bagaimana hukumnya? hadist yang mendasari dilakukannya i'tikaf apa saja? Bagaimana niatnya? dan bagaimana pula rukun i'tikaf itu? Berikut akan aku kupas lebih dalam.

Kata i'tikaf berasal arab akafa-yakufu-ukufan. Artinya : Tetap pada sesuatu. Para ulama mendefinisikan i'tikaf dengan berdiam atau tinggal di masjid dengan niat ibadah dan mendekatkan diri pada Allah SWT, baik pada waktu siang maupun malam hari. Menurut Sayyid Sabiq dalam Fiqih Sunnah, i'tikaf pada dasarnya adalah adalah menetap di suatu tempat dan berdiam diri tanpa meninggalkan tempat itu dengan niat mendekatkan diri kepada Allah SWT.
gambar i'tikaf. Source : www.ummi-online.com
Hukum I'tikaf
I'tikaf itu hukumnya sunnah, bukan wajib. Hal ini karena Nabi senantiasa tidak melewatkannya dalam tiap ramadhannya.

Dalil I'tikaf
Dalil-dalil yang mendasari dilakukannya i'tikaf tertuang pada hadist-hadist berikut :
  • Dari 'Aisyah ra, ia berkata : "Rasulullah SAW melakukan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir di bulan ramadhan, sampai saat ia dipanggil Allah Azza wa Jalla." (HR. Bukhari dan Muslim).
  • Dari Ibnu 'Umar ra, ia berkata : "Rasulullah SAW melakukan i'tikaf pada sepuluh malam terakhir bulan ramadhan." (HR. Bukhari dan Muslim).
Rukun I'tikaf
I'tikaf dianggap sah apabila memenuhi rukun-rukun berikut :
  1. Niat. Artinya kita memang berniat untuk i'tikaf. Sebab, niat adalah kunci segala ibadah seorang hamba kepada Allah hingga membuahkan pahala.
  2. Islam, suci dan akil baligh.
  3. Berdiam di masjid. Artinya berdiam sambil tafakur, bukan cuma diem-diem ngalamun aja, ntar malah ngantuk. Selain itu juga mesti berzikir, membaca Al-Qur'an, berdoa, dan kegiatan positif lainnya yang bernilai ibadah.
  4. Di dalam masjid. Artinya i'tikaf dianggap sah bila dilakukan di dalam masjid yang memang biasa digunakan untuk sholat jum'at. Hal ini sesuai sabda Rasulullah SAW : "Dan tiada i'tikaf kecuali di masjid jami'." (HR. Abu Daud).
Niat I'tikaf
Untuk niat i'tikaf cukup singkat, yaitu ; Nawaitu al-itikafa lillahita'ala. Artinya : aku niat i'tikaf karena Allah SWT.
Apa Arti I'tikaf? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top