Kamis, 25 Juli 2013

Membuat Database Mysql Melalui cmd

XAMPP adalah aplikasi yang terkenal dalam pembuatan database mysql. Dalam pembuatan database mysql di XAMPP ada 2 cara, yaitu melalui GUI (via localhost) dan cmd (command prompt). Di kesempatan ini aku coba share cara membuat database via cmd. Jadi setelah kamu menginstal XAMPP, buka xampp control panel. Lalu pada Apache dan Mysql nya klik start. Nah sekarang saatnya kita buka cmd. Caranya dengan klik start > run > ketik cmd > enter. Pada contoh ini kita akan membuat database sekolah, dimana dalam database itu terdapat tabel siswa, guru. karyawan, mata pelajaran dan nilai. Biar kamu lebih cepat memahami pembuatan database dengan cmd, pada contoh di bawah ini hanya aku kasih 2 gambar untuk pembuatan tabel siswa dan guru saja, sisanya silakan dibuat sendiri untuk latihan, gampang kok, caranya sama aja dengan pembuatan tabel siswa dan guru :)

Berikut ini tahapan membuat database melalui cmd :
  1. Setelah cmd terbuka, login ke mysql kamu. Biasanya sih di C. Kalau pada contoh di bawah ini ada di E, tinggal ganti aja, intinya kita masuk ke folder xampp\mysql\bin. Kalau instalannya di C, bisa pakai kode ini : cd C:\xampp\mysql\bin. Setelah masuk di bin, ketik mysql -u root. Lalu enter. Pada contoh di bawah sempat terjadi eror, karena pada xampp control, bagian apache & mysql nya belum aku start, so jangan sampe salah kayak aku ya ^_^>



  2. Create database Sekolah



  3. Membuat tabel siswa. Kode "use sekolah" digunakan untuk masuk ke database sekolah dan membuat tabel di dalamnya. Perhatikan dengan cermat kode untuk membuat tabel data siswa di bawah ini ya :)



  4. Membuat tabel Guru



  5. Hasil pembuatan database sekolah pada tampilan localhost. Oia, untuk membuka localhost ini, caranya tinggal buka browser kamu, kalau aku pakenya mozilla firefox, lalu pada kolom alamat ketik localhost, lalu di sidebar kiri bawah, pilih php my admin. Kalau semua langkah yang kamu buat benar, kama hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.

Nah itulah cara membuat database mysql melalui command prompt (cmd). Kalau ada yang mau ditanyakan, bisa komen di bawah. Selamat mencoba :)
Membuat Database Mysql Melalui cmd Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top