Senin, 22 Juli 2013

Tips Puasa Agar Diterima Allah SWT

Puasa merupakan ibadah yang sangat spesial bagi muslim. Di bulan yang suci ini, banyak sekali orang berbondong-bondong meningkatkan ibadah mengharap Ridho-NYA. Namun tak sedikit pula yang acuh terhadap bulan suci ramadhan ini. Buat kamu yang semangat sekali beribadah, terutama berpuasa, berikut ada beberapa tips agar puasa kita diterima Allah SWT.
 
ilustrasi puasa via Idolanews.com
Imam Ghazali memberikan tips agar puasa dapat diterima di sisi Allah. Antara lain :
  1. Menjaga pandangan dari sesuatu yang diharamkan.
  2. Menjaga lisan dari berghibah, berdusta, bergosip dan mencaci. Sebaiknya lebih banyak berzikir dan membaca Al-Qur'an. Nabi SAW bersabda, "Apabila seseorang di antara kamu berpuasa, maka janganlah berkata kerji dan bertengkar. Apabila ada orang yang mengajak bertengkar, maka katakanlah 'Aku sedang berpuasa'." (HR. Bukhari dan Muslim).
  3. Menjaga pendengaran dari mendengarkan yang dibenci Allah.
  4. Menjaga anggota badan seperti tangan dan kaki dari aktivitas yang tidak disukai Allah, dan juga menjaga perut dari makanan syubhat ketika berbuka.
  5. Menahan diri dari berbuka secara berlebihan (israf), walaupun makanan yang dikonsumsi halal.
  6. Menghadirkan perasaan takut tidak diterima puasanya di sisi Allah seraya berharap agar Allah menerimanya. Ini dilakukan setelah berbuka puasa, bahkan setiap selesai beramal apapun.
Demikianlah beberapa tips agar puasa kita diterima Allah SWT. Semoga kita dapat mengamalkannya dengan baik, dan mudah-mudahan Allah SWT meridhoi dan menerima ibadah kita semua. آمين
Tips Puasa Agar Diterima Allah SWT Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top