Jumat, 04 Januari 2013

Formula Membuat Ranking Otomatis Pada Excel

Ms. Excel sangat-sangat menguntungkan di dunia perhitungan. Mengolah data statistik jadi lebih mudah dan menyenangkan dengan excel. Kali ini aku akan share cara membuat ranking otomatis pada excel, tentunya dengan rumus. Lets do it guys...

Rumus untuk membuat ranking otomatis pada excel adalah -> =RANK(G5,$G$5:$G$16)
Pertama-tama kamu tulis dulu tanda "sama dengan" (=), karena itu adalah awalan menulis rumus dalam excel. Lalu kamu ketik Rank. Ntar ada pilihan Rank di bawahnya, kamu klik 2x RANK. Lalu kamu blok cells pertama atau angka pertama yang akan kamu urutkan dalam ranking, pada contoh di atas adalah cells G5. Kemudian bubuhi tanda koma setelahnya (,). 

Lalu blok semua angka yang mau diurutin rankingnya, dari atas sampai bawah. Pada contoh di atas adalah G5 sampai G16. Jangan lupa untuk memberi kurung tutup setelahnya. Setelah itu angka G5:G16 pada kolom rumus RANK kamu blok dan setelah ter-blok, silakan tekan F4 pada keyboard. Itu membuat angkanya menjadi absolut, sehingga rankingnya tetap pada cells yang disorot. Abis itu, enter dah :) Gimana? Gampang kan :), udah bisa dong, semoga bermanfaat :)
Formula Membuat Ranking Otomatis Pada Excel Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top