Rabu, 09 Januari 2013

Macam-macam Amalan Sunnah di Hari Jum'at

Bagi umat islam, hari jum'at adalah hari istimewa. Kenapa? karena pada hari tersebut banyak keutamaan dan kemuliaan bila dibandingkan dengan hari yang lain. Apalagi pada hari jum'at itu, umat islam (laki-laki) diwajibkan menunaikan shalat Jum'at. Tak berlebihan, jika pada hari itu ada beberapa amalan sunnah yang dapat dikerjakan sebelum shalat Jum'at, dan hal itu tak bisa dilakukan pada hari-hari yang lain. Berikut ini beberapa amalan sunnah yang bisa dikerjakan sebelum shalat Jum'at :
  1. Mandi. Mandi pada hari jum'at sangat disunnahkan. Hal ini didasarkan pada hadist Nabi, "Mandi pada hari Jum'at adalah wajib bagi setiap orang yang baligh." (HR. Bukhari Muslim). Kata wajib dalam hadist tersebut artinya sunnah mu'akad, sunnah yang memang sangat dianjurkan. Karenanya kata "Wajib" dalam hadist tersebut adalah penekanan. Itu menurut jumhur ulama yang mensunnahkan. Ada pula sebagian ulama yang menafsirkan kata wajib secara zhahir, artinya bahwa mandi shalat jum'at memang benar-benar diwajibkan. Wallahu'alam. Semua terpulang pada keyakinan dan pilihan anda untuk menentukan yang sekiranya tidak menyulitkan dalam beribadah. Adapun waktu yang tepat untuk mandi adalah sebelum berangkat shalat jum'at. Dan tata cara mandi jum'at seperti halnya mandi janabah (mandi hadast besar). "Barang siapa mandi jum'at seperti mandi janabah". (HR. Bukhari dan Muslim).

  2. Menggunakan Pakaian Terbaik dan Minyak Wangi. Setelah mandi, disunnahkan menggunakan parfum (mminyak wangi). Hal ini didasarkan pada hadist Rasul, "Setiap orang muslim wajib mandi pada hari jum'at, mengenakan pakaian terbaik yang dimilikinya dan jika mempunyai parfum, maka dia menggunakannya." (HR. Ahmad).

  3. Membersihkan Gigi. Selain disunnahkan memakai pakaian terbaik dan parfum, disunnahkan pula untuk membersihkan gigi. Hal ini didasarkan kisah dari Abu Sa'id yang diriwayatkan secara marfu'. "Mandi hari jum'at itu adalah wajib bagi setiap orang yang telah mimpi (baligh). Dan hendaknya dia membersihkan gigi dan memakai minya wangi jika mendapatkan."

  4. Memotong kuku dan Kumis. Sebelum berangkat sholat Jum'at, setiap orang muslim juga disunnahkan memotong kuku dan kumis terlebih dahulu. Sebab dalam sebuah hadist diterangkan, "Rasulullah SAW memotong kuku dan menggunting kumisnya pada hari jum'at sebelum beliau pergi shalat" (HR. Baihaqi dan Thabrani).

  5. Segera Berangkat ke Masjid. Setelah itu disunnahkan untuk segera berangkat ke masjid. Anas bin Malik berkata "Kami berpagi-pagi menuju shalat Jum'at dan tidur siang setelah shalat Jum'at." (HR. Bukhari).

  6. Shalat Sunnah. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa mandi kemudian datang untuk shalat jum'at, lalu dia shalat semampunya dan dia diam mendengarkan khutbah hingga selesai, kemudian shalat bersama imam, maka akan diampuni dosanya mulai jum'at ini sampai jum'at berikutnya ditambah tiga hari." (HR. Muslim)

  7. Tidak Duduk Memeluk Lutut. "Sahl bin Mu'ad bin Anas mengatakan bahwa Rasulullah melarang al-habwah (duduk sambil memegang lutut) pada saat shalat jum'at ketika imam sedang berkhutbah." (Hadist Hasan. HR. Abu Daud, Tirmidzi).
Hmmm,, begitu banyak ibadah sunnah di hari jum'at yang tentunya sangat sayang sekali dilewatkan bagi setiap muslim. Dan tentunya jang lupa untuk bersedekah waktu jum'atan. Sedekah itu bisa menunda kematian loh, ada di sini nih kisahnya :) So, ayo kita tingkatkan kualitas ibadah kita di hari jum'at. Bagi yang teman-teman yang mungkin masih bolong-bolong shalat jum'atnya, silakan baca renungan di sini. Semoga bermanfaat guys :)
Macam-macam Amalan Sunnah di Hari Jum'at Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top