Berbagi Segala Info

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla

Duo otomotif terbesar, terutama dalam produksi mobil, daihatsu dan toyota kembali merilis produk kembar generasi ketiga setelah avanza-xenia dan rush-terios. Mobil baru ini diberi nama Toyota Agya dan Daihatsu Ayla. Keduanya digadang-gadang sebagai mobil termurah di Indonesia yang akan menjadi raja jalanan setelah daihatsu xenia dan toyota avanza. Agya dan Ayla dipastikan akan dibandrol dengan harga dibawah Rp.100jt karena adanya insentif dari pemerintah. Sebenarnya Ayla dan Agya belum resmi diluncurkan dan diproduksi. Kemunculannya kemarin dalam Indonesia International Motor Show 2012 (IIMS 2012) di Jakarta hanyalah sebagai show off, memamerkan, unjuk gigi, atau apalah istilahnya. Agya dan Ayla akan diproduksi secara masal pada Januari/Februari 2013 mendatang. Kendati demikian, sudah banyak juga yang melakukan booking order terhadap mobil tersebut. Hmmmm,, seperti apa sih mobilnya? Yuk kita lihat lebih dekat mengenai Agya dan Ayla.

Buah Karya Indonesia

Agya dan Ayla merupakan buah pemikiran putra Indonesia. Mulai dari desain, komponen yang dirakit dan penamaan. Nama Agya berasal dari bahasa sansekerta yang berarti "Cepat". Sedangkan Ayla berarti "Cahaya".

Spesifikasi Ayla dan Agya
Panjang : 3.580 mm
lebar     : 1.600 mm
tinggi      : 1.510 mm
jarak sumbu roda : 2.730 mm
Meskipun mempunyai dimensi yang lebih kecil dibandingkan dengan mobil lainnya yang sekelas seperti ; Honda Brio, Nissan March dan Mitsubishi Mirage, perancang Ayla dan Agya berhasil membuat kabinnya lebih luas dengan memperpanjang jarak sumbu roda depan dan belakang. Bahkan menjadi yang terpanjang dibandingkan dengan city car yang ada di Indonesia saat ini. Seperti yang dikatakan Mark, perancang mobil ini, "Hanya orang Indonesia yang tahu selera konsumen Indonesia. Saya membuat mobil dengan eksterior kompak, tetapi dengan kabin lega. Biaya produksi murah, tetapi bukan mobil murahan." Hmmm, boleh juga. Selain karena interiornya yang nyaman, kapasitas mesin sebesar 1000cc juga menjadi daya tarik tersendiri dari mobil ini, karena membuatnya lebih irit bahan bakar.

Agya hadir dengan 3 varian, yaitu : TRD-S, High-Grade (G), dan Medium-Grade (E) dengan pilihan warna : hitam, putih, silver, abu-abu metalik, biru muda, dan warna ekslusif yaitu dark blue metalic. Pada model TRD-S dilengkapi dengan aerokit untuk memperkuat kesan sporty. Sedangkan model High-Gradenya menonjolkan eksterior yang dilengkapi krom pada lubang udara depan dan fender. Desain pintu dan spoiler belakang pun tampak beda dan lebih sporty. Yang lebih menarik lagi, pada baris kedua disediakan ruang kaki yang sangat lapang.

Agya Alya
Interior Toyota Agya
Ekterior Toyota Agya

Sumber gambar : http://klikharry.com/

Toyota Agya dan Daihatsu Ayla Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani