Minggu, 27 Mei 2012

4 Hal Dalam Onpage SEO yang Jarang Dibicarakan

1. Waktu Expired Domain
Semakin lama waktu expired domain anda, maka semakin baik di mata search engine. Kenapa? karena para SE Spammer biasanya melakukan bulk registration domain dan masing2 hanya terdaftar 1 tahun saja. Misalnya domain dot info yang harganya $1.99 kalau beli 10 kan cuma $19.9 saja. Padahal untuk dot com $19.9 hanya bisa buat beli 2 domain doang. Maka domain yang registrasinya hingga beberapa tahun ke depan akan dianggap sebagai domain yang serius.

Anggapannya agak aneh sih sebenarnya, lha kalau di Indonesia orang beli domain aja udah bisa dianggap serius. Karena jangankan sewa 5 tahun, sewa 1 tahun aja masih mikir2 dulu sebulan sebelum memutuskan. Udah mutusin sewa, masih mikir lagi nama apa yang cocok. Jadi gimana? Kalau menurut saya, gpp 1 tahun dulu. Ntar kalau sudah di halaman pertama, baru tambahin jadi 5 tahun.

2. Rubah Feed jadi Summary
Langkah ini untuk mengantisipasi agar konten kita tidak disedot secara keseluruhan oleh web lain. Karena kalau itu terjadi dan webnya lebih optimal, maka konten anda sendirilah yang akan dianggap sebagai duplikat konten. Lho kok bisa? Jadi begini, semakin sering kita update artikel maka robot akan semakin sering datang. Anggap aja robot datang 30 detik sekali. Sementara pemilik konten asli karena jarang update, maka robotpun datangnya juga lebih jarang misalnya 2 menit sekali.

Maka ketika pemilik asli update artikel, lalu robot penyedot artikelnya datang 30 detik setelah itu dan 30 detik kemudian robot google mengunjungi blognya. Maka artikel dia yang terindex lebih dahulu. Sedangkan artikel asli karena 1 menit lagi jadwal kedatangannya maka justru dianggap duplikat

Dengan mengubahnya jadi Summary, maka penyedot artikel hanya dapat sebagian kecil artikel saja. Inipun sebenarnya masih bisa diakalin wkwkwkw… Karena saya dan beberapa programmer lain bisa menyedot seluruh artikel walaupun di feed-nya cuma muncul judul doang. Nah lho?!

3. HTML Validasi
Yang ini agaknya akan sulit dijalani oleh seorang pemula. Karena butuh pemahaman soal HTML. Web yang bagus adalah yang lolos validasi HTML. Bagi pemula saran saya gunakan saja themes yang sudah valid HTML-nya. Caranya? Buat saja blog default biasa tanpa widget lalu test validasi HTML-nya. Kalau valid berarti sudah cukup sip. InsyaaLlah artikel yang ditulis di editor WordPress sudah valid.

4. Rasio Pemasangan Iklan
Yang ini kayaknya sangat masuk akal. Karena saya pernah buktikan sendiri saat kontes SEO. Ketika saya tak memasang banner kontes-nya, artikel saya bisa nangkring nomor 1. Begitu saya pasang langsung jeblok wkwkwk… Maka kita harus sangat bijaksana dalam mengatur iklan. Jangan sampai ada iklan berderet2 di sidebar maupun header blog. Satu atau dua iklan cukuplah menurut saya.

Jika memang ingin pasang iklan agak banyak, kenapa tidak dibuat dalam bentuk iklan teks saja? Gunakan bitly misalnya untuk menyembunyikan URL asli dan kasih nofollow pada link-nya. Sehingga yang terlihat bukan iklan, melainkan hanyalah link biasa itupun dengan nofollow.

Sumber : cafebisnis.com
4 Hal Dalam Onpage SEO yang Jarang Dibicarakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani
 

Top