Berbagi Segala Info

Arti Lensa Progressive

Sebagian orang masih banyak yang bertanya-tanya apa itu Lensa Progresive, baiklah akan saya coba jelaskan dengan bahasa yang mudah dimengerti. Penderita kelainan refraksi Presbyopia (gangguan tajam penglihatan jarak jauh dan dekat) biasanya berusia diatas 40 tahun, disarankan menggunakan kacamata dengan lensa koreksi untuk memperbaiki tajam penglihatannya, lensa tersebut umumnya disebut lensa Bifocal yang berarti lensa dengan dua focus, lensa ini memiliki dua buah focus yaitu untuk memperbaiki penglihatan jarak jauh dan dan penglihatan jarak dekat yaitu sekitar 30 cm sampai dengan 40 cm yang biasanya sebagai jarak yang lazim digunakan untuk membaca.

Lensa Bifocal ini sejak di temukan oleh mantan presiden Amerika Benjamin Franklin sudah banyak dikembangkan dan dimodifikasi sedemikian rupa. Bila anda pernah melihat lensa kacamata orangtua anda dengan bentuk lensa yang bertingkat dua, atau memiliki lapisan kecil di bagian bawah, perhatikan penggunanya sering menengadahkan kepalanya pada saat membaca atau lebih menundukkan kepalanya pada saat harus melihat jauh, nah itulah yang dimaksud dengan lensa Bifocal ada juga yang menyebut lensa dobel, lensa tua, dan sebagainya. Diantara kedua lensa yang bertingkat tersebut terdapat semacam garis pemisah yang berbentuk lingkaran ada juga yang berbentuk garis lurus.







Modifikasi Lensa Bifokal saat ini sudah sampai pada tahap menghilangkan pembatas antara dua buah lensa yang saya sebutkan tadi sehingga batas kedua lensa yang terpisah tersebut sudah bisa dihilangkan, akibatnya bentuk lensa yang tadinya terpisah kini sudah tampak tanpa pemisah lagi, dan bentuknya semakin bagus dari segi tampilan, dengan sendirinya nama dari lensa tersebutpun sudah bukan lagi lensa Bifokal atau lensa dua focus melainkan lensa Multi focus atau berarti lensa dengan banyak focus.

Kelebihan dari lensa ini, dikarenakan memiliki banyak focus, para pengguna kacamata dengan lensa ini dapat melihat berbagai jarak yang dibutuhkan mulai dari jarak jauh jarak sedang dan jarak dekat hingga 25 cm. Sehingga dirasakan lebih nyaman karena mirip dengan mata asli, dibandingkan dengan lensa bifocal yang hanya memiliki dua focus yaitu focus untuk jarak jauh dan focus untuk jarak dekat atau baca, tentunya lensa Multifocus ini lebih memenuhi kebutuhan penggunannya terutama orang yang sangat produktif dan memiliki mobilitas tinggi.

Dari sturktur lensa Multifocus ini yang memiliki kekuatan lensa atau Dioptri yang makin ke daerah baca semakin meningkat atau semakin plus atau bahasa asingnya adalah Progress maka disebutlah lensa ini dengan sebutan Lensa Progresive.

Dikarenakan pemasangan dan Fiting lensa ini tidak semudah dan sesederhana lensa Bifocal, anda disarankan untuk ditangani oleh ahli Refraksi Optisi di Optic yang ber izin dari Depkes. Kesalahan pada pemasangan lensa Progresive ini dapat mengakibatkan kacamata tidak nyaman dipakai, rasa mual, pusing dan kesalahan dalam menentukan jarak benda yang dilihat sehingga akan dapat membahayakan pengguna kacamata terutama saat berkendara Semoga bermanfaat, selamat menggunakan lensa Progresive.

Penulis : Imam Suryanta

Arti Lensa Progressive Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Melati Oktaviani