Cara Mudah Mengatasi Blue Screen Saat Instal Ulang

Advertisements

Pernah nggak tiba-tiba kamu ngalamin BSOD (Blue Screen Of Death) waktu instal ulang pc? Kesel kan? Bete banget pastinya, itu juga yang anax kolonx alamin kemarin. Pas instal ulang pc, belum sampai kelar, eh malah blue screen. Bingung banget waktu itu, awalnya aku kira hardisknya udah kena (read:rusak), soalnya di tempat anax kolonx sering banget mati listrik pas nyalain pc. Setelah tanya-tanya dan mencoba-coba, ternyata eh ternyata, bukan hardisknya yang bikin blue screen saat instal ulang. Dan berita bagusnya bukan RAM atau VGA yang jadi biang kerok, cukup 5 ribu perak, dan pc ku kembali bisa di instal ulang tanpa menemui blue screen lagi. Mau tau bagaiamana cara mengatasinya? Lanjut bacanya ya, aku tulis di tengah artikel nih caranya.


Jadi waktu itu anax kolonx cuma ganti kabel IDE hardisknya, "beuh, tahun 2011 menjelang 2012 gini masih pake kabel IDE lu lonx?" hehe iya, pc jadul nih, yang penting bisa buat nyari duit dah. Di tempatku sini kabel IDE hardisk cuma 5 ribu rupiah, nggak tahu kalau di tempat temen-temen. Yang pasti nggak jauh beda dah harganya, masak iya sampe 100rb.

Blue Screen  saat instal ulang bisa juga disebabkan  oleh faktor lain selain kabel IDE tadi. Pada dasarnya ketidaksinkronan komunikasi antara software dan hardware yang dipasang menjadi penyebab dasar blue screen ini. Berikut beberapa faktor penyebab blue screen saat instal ulang pc :

1. Kabel IDE
Seperti pada kasus di atas itu. Selain kabel IDE di hardisk, bisa juga kabel IDE di CD/DVD room nya.

2. CD Instalasi yang udah nggak layak
Kelihatannya sepele, tapi ini bisa jadi biang kerok terjadinya blue screen saat instal ulang. Segera ganti CD lain yang masih bagus.


3. Processor
Processor yang kaki-kakinya udah bengkok bisa jadi penyebab blue screen. Mungkin dulu processornya pernah dibuka-buka, trus dibersihin, eh pas dipasang lagi nggak pas, akhirnya ada kaki yang bengkok. Nah kalau udah gitu, kaki-kaki processor yang bengkok itu bisa kamu lurusin pakai pinset. Trus coba pasangkan kembali secara hati-hati processor.

4. Hardware
Hardware yang rusak bisa menjadi sebab terjadinya blue screen. Hardware itu antara lain : RAM, CD/DVD room, hardisk, VGA, tv tuner.

5. Sistem Operasi
Sistem operasi kadang tidak mengenali port hardisk SATA yang dipasang di pc. Kalau udah gini, kamu harus gunakan n-lite. Selalin n-lite kamu juga butuh driver SATA dari pc/laptop yang mau kamu instal, dan juga CD instalasi XP. Kenapa XP? Karena pada kasus ini biasanya terjadi saat ingin merubah sistem operasi windows 7 ke atas menjadi windows XP.

Oke guys cuma itu yang baru aku ketahui, kalau kamu tahu sebab blue screen yang lain, share juga ya di kotak komentar.

Berlangganan artikel via email!

Follow us!

Kalau mau copas artikel "Cara Mudah Mengatasi Blue Screen Saat Instal Ulang" di atas, jangan lupa nyertain link sumbernya dari blog ini yach :) Hargailah karya blogger :)
Kalau kamu suka dengan artikel "Cara Mudah Mengatasi Blue Screen Saat Instal Ulang" di atas, kamu bisa membaginya dengan teman facebook, twitter ataupun teman online kamu yang lainnya. Caranya dengan menekan tombol di bawah ini.

Artikel Terkait Tentang Cara Mudah Mengatasi Blue Screen Saat Instal Ulang :

Komentar Untuk Cara Mudah Mengatasi Blue Screen Saat Instal Ulang

 

Share Everything - Copyright © 2007. All Rights Reserved - Cara Mudah Mengatasi Blue Screen Saat Instal Ulang