Kiat Sukses Usaha Susu Kedelai

Advertisements

Susu kedelai adalah salah satu minuman yang cukup digemari oleh masyarakat saat ini. Berhubung cara membuatnya relatif mudah, usaha susu kedelai ini cocok dijalankan dalam skala usaha kecil rumah tangga, apalagi modal yang dibutuhkan juga kecil. Tetapi justru karena itulah bisnis ini relatif memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi. Dengan demikian perlu beberapa kiat khusus agar produk yang kamu hasilkan dapat terus digemari oleh pelanggan. 

Berikut beberapa tips sederhana terkait usaha ini agar bisa terus eksis :
1.Jaga Kualitas Produk 
Salah satu kelemahan produk dari usaha rumah tangga adalah kualitasnya yang dinamis, dengan kata lain tidak konsisten. Misalnya dari dari sisi warna, rasa, ukuran, kebersihan dsb. Oleh karena itu sangat penting sekali menjaga kualitas produk mulai dari pemilihan bahan baku, proses pembuatan, pengemasan dsb.

2.Terus Mencari Saluran Distribusi Yang Baru
Usaha penjualan yang hanya mengandalkan pesanana dari konsumen saja akan sulit tumbuh. Oleh karena itu, kamu harus lebih giat lagi menjual produk/mencari saluran penjualan distribusi yang baru. Misalnya dengan menawarkan produk kamu itu ke kalangan komunitas-komunitas yang ada, seperti komunitas pengajian, arisan, pengusaha dsb. Selain itu juga bisa dengan menitipkan kepada toko-toko di pasar, dekat sekolahan, di dalam sekolahan.

3.Perlu Membangun Merk
Merk sama dengan brand dan juga nama. Kalau dalam bisnis hal ini sangat bertentangan sekali dengan pepatah yang berbunyi "apalah arti sebuah nama" pernah dengar kan pepatah itu? Agar produk dapat dikenal dan berbeda dari produk pesaing, maka sebaiknya produk dikemas dengan baik, higienis dan diberi merk. Dengan adanya merk, selain lebih mudah dipromosikan dan dikenal pelanggan, juga lebih menarik bagi distributor untuk menjualnya.

Terkait inovasi, prinsipnya kamu harus secara proaktif menggali info-info dari pelanggan/distributor, kira-kira inovasi apa yang mereka inginkan. Berikut beberapa inovasi yang bisa dilakukan :
1.Inovasi Terkait Produk
Apakah pelanggan lebih menginginkan produk dengan rasa orisinal kedelai/diberi perasa lainnya. Juga terkait dengan ukuran produk/kemasan yang dikostumisasi sesuai keinginan pelanggan.

2.Pemberian semacam reward/penghargaan/hadiah kepada pelanggan loyal/distributor yang berkinerja baik
Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan diskon khusus/suvenir kepada pelanggan loyal & yang memberi dalam jumlah besar. Kepada distributor diberi tingkat margin yang semakin besar, apabila target penjualnya terlampaui.

Cukup sampai di sini dulu yach postingnya, bila kamu ada pengalaman seputar usaha susu kedelai, jangan lupa di share ya.

Berlangganan artikel via email!

Follow us!

Kalau mau copas artikel "Kiat Sukses Usaha Susu Kedelai" di atas, jangan lupa nyertain link sumbernya dari blog ini yach :) Hargailah karya blogger :)
Kalau kamu suka dengan artikel "Kiat Sukses Usaha Susu Kedelai" di atas, kamu bisa membaginya dengan teman facebook, twitter ataupun teman online kamu yang lainnya. Caranya dengan menekan tombol di bawah ini.

Artikel Terkait Tentang Kiat Sukses Usaha Susu Kedelai :

Komentar Untuk Kiat Sukses Usaha Susu Kedelai

 

Share Everything - Copyright © 2007. All Rights Reserved - Kiat Sukses Usaha Susu Kedelai